Tanaman-Tanaman Pengusir nyamuk



 Di musim kemarau yang berkelanjutan seperti sekarang ini, rumah semakin rawan serbuan nyamuk. Terkecuali mengganggu tidur, nyamuk juga membawa bermacam penyakit, seperti demam berdarah, chikungunya, serta malaria.

Walau demikian, mengusir nyamuk dengan obat anti-nyamuk memiliki bahan kimia sangatlah rawan, terlebih untuk mereka yang mempunyai anak kecil dirumah. Karenanya, Anda bisa memakai sebagian tanaman yang mempunyai kekuatan mengusir nyamuk. Terkecuali aman untuk kesehatan serta lingkungan, nyatanya tumbuhan ini dapat indah jadikan penghias ruang.

Lavender
Tanaman asal Pegunungan Alpen, Swiss, ini memanglah telah di kenal juga sebagai bahan baku lotion anti-nyamuk. Tanaman berbunga ungu ini tak disenangi nyamuk lantaran memiliki kandungan zat linalool serta lynalyl acetate. Untuk hindari gigitan nyamuk, cukup gosokkan bunga lavender ke badan.


Tidak cuma untuk pengusir nyamuk, kandungan minyak atsiri dalam lavender juga kerap dipakai untuk therapy aroma. Lavender bisa ditanam didalam pot. Bila perlu, masukkan pot diisi lavender ke kamar agar nyamuk malas datang.

Zodia
Tanaman asli Papua ini termasuk juga famili Rutaceae, yang memiliki kandungan zat evodiamine serta rutaecarpine yang berperan juga sebagai penghalau nyamuk yang dapat bertahan sepanjang 6 jam. Orang-orang Papua umum menggosokannya daun ini pada badan saat sebelum masuk rimba untuk hindari serangga.

Untuk hindari serbuan nyamuk ke rumah, tempatkan zodia di titik akses masuknya angin ke ruang — dapat pula ditempatkan dekat kipas angin. Embusan angin bakal bikin aroma zodia menyebar ke semua ruang serta mengusir nyamuk. Namun jauhi menempatkan zodia di ruang sempit dengan aliran hawa terbatas, lantaran aroma zodia dapat bikin pening.

Geranium/Tapak dara (Pelargonium Hortorum)
Geranium dengan kata lain Tapak Dara atau pelargonium, memiliki kandungan geraniol serta sitronelol yang bisa mengusir nyamuk. Tanam geranium didalam pot serta tempatkan ditempat yang terserang embusan angin. Waktu daun-daun Geranium bergesekan, aromanya bakal tercium serta bikin nyamuk pergi.

Suatu riset tunjukkan, ekstrak geranium radula dapat menampik nyamuk aedes aegypti. Cuma dengan memoleskan ekstrak tumbuhan ini di bagian badan, nyamuk pemicu demam berdarah itu kabur. Hebatnya, ekstrak geranium juga tak menyebabkan iritasi kulit.

Rosemary
Rosemary membuahkan bau seperti aroma minyak telon yg tidak disenangi nyamuk. Tamanan ini tumbuh baik dibawah cahaya matahari, namun waktu dibutuhkan Rosemary dapat tempatkan di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, gosokkan daunnya yang berupa jarum pada kulit.

Serai
Mungkin saja tidak banyak yang tahu bila tanaman yang kerap dipakai juga sebagai bumbu masak ini dapat membunuh nyamuk, lantaran memiliki kandungan zat geraniol serta sitronelal.

Karena kandungannya itu, tumbuhan yang masuk type rumput-rumputan ini mulai dipakai juga sebagai bahan lotion anti-nyamuk.

Citrosa Mosquito
Tumbuhan asal Negeri Kincir Angin ini mempunyai aroma seperti lemon yang pekat hingga tak disenangi serangga. Citrosa Mosquito sangatlah suka pada cahaya matahari serta tak membutuhkan perawatan spesial. Namun tanaman ini susah diketemukan di pasar.

Marigold (Bunga Tai Kotok)
Tumbuhan dengan bunga semarak : kuning, merah, serta jingga ini banyak diketemukan di Indonesia serta lebih di kenal dengan nama bunga tai kotok. Marigold mempunyai dua type, yaitu tagetes erecta serta tagetes patula.
Baunya yg tidak enak nyatanya dapat mengusir nyamuk. Dengan bunga yang indah, tidak ada kelirunya bila marigold dipajang di salah satu pojok ruang rumah.

Akar Wangi
Akar wangi bisa keluarkan aroma menyengat yg tidak disenangi serta dapat membunuh nyamuk aedes aegypti. Ekstrak akar wangi teruji bisa mengatur nyamuk aedes aegypti serta anopheles aconitus. Untuk mengusir nyamuk dari rumah, tanam tumbuhan ini di pekarangan rumah serta rasakan faedahnya.

Related Posts:

0 Response to "Tanaman-Tanaman Pengusir nyamuk "

Post a Comment