Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Gula



 Walau sudah tahu gula tak baik untuk kesehatan, umumnya orang tak mengangggap gula beresiko. Sekurang-kurangnya, gula dikira tak seburuk lemak jemu, garam, atau kalori. Mungkin saja ini yang mengakibatkan sulitnya kurangi mengkonsumsi gula.

Walau sebenarnya, kenyataannya umumnya orang di semua dunia mengonsumi 500 kalori ekstra cuma dari gula yang mereka makan. Dibalik manisnya gula, nyatanya terdapat bahaya yg tidak bisa dikira sepele.

Tersebut 10 efek jelek dari gula yang mungkin saja argumen Anda butuh selekasnya kurangi mengkonsumsi gula.

1. Gula mengakibatkan kerusakan jantung
Walau telah lama di ketahui juga sebagai salah satu aspek resiko penyakit jantung, studi dalam Journal of American Heart Association th. 2013 pada akhirnya temukan bukti kuat perihal mekanisme bagaimanakah gula mengakibatkan kerusakan jantung. Studi menyebutkan, molekul pada gula yang dimaksud glukosa 6-fosfat mengakibatkan pergantian otot jantung yang berbuntut pada tidak berhasil jantung.

2. Gula membuat lemak perut
Prevalensi obesitas bertambah satu tahun lebih paling akhir, baik pada dewasa ataupun anak-anak. Salah satu pemicunya yakni tingginya mengkonsumsi minuman manis. Suatu studi temukan, mengkonsumsi fruktosa (salah satu type gula) berlebihan mengakibatkan menambahnya lemak perut yang tingkatkan resiko penyakit jantung serta diabetes.

3. Gula membunuh diam-diam
Suatu studi th. 2008 membuka, mengkonsumsi fruktosa terlalu berlebih terkait dengan penambahan resiko keadaan resistensi leptin. Leptin adalah hormon yang memberitahu otak bila perut telah kenyang. Bila badan alami resistensi leptin, jadi otak akan tidak terasa terpuaskan walau badan sesungguhnya telah kenyang. Mengakibatkan, kita tak dapat hentikan hasrat untuk makan. Dalam periode panjang hal semacam ini pasti mengakibatkan obesitas. Hal itu berlangsung perlahan-lahan, hingga orang kerapkali tak sadar telah merasakannya.

4. Gula berikan makan sel kanker
Tiap-tiap manusia berisiko kanker lantaran mempunyai sel kanker didalam badannya. Walau demikian, badan mempunyai mekanisme sendiri untuk mematikan sel kanker hingga sel itu tak lalu berkembang jadi kanker yang mematikan. Sayangnya, mengkonsumsi gula terlalu berlebih bakal mengakibatkan kerusakan mekanisme itu. Ditambah lagi, studi beberapa waktu terakhir membuka, gula adalah nutrisi yang baik untuk sel kanker untuk berkembang.

5. " Ketagihan " gula dapat di turunkan
Gula juga berbentuk aditif hingga mungkin saja ada arti untuk ketagihan gula. Sayangnya, ketagihan gula ini dapat berbentuk genetik yang bisa di turunkan, lantaran melibatkan pergantian pada hormon ghrelin. Ghrelin adalah hormon yang menyampaikan pada otak waktu badan lapar. Tetapi, pergantian pada hormon ini bakal menyebabkan badan lapar serta mau makan terus-terusan.

6. Gula serta alkohol mempunyai dampak toksin yang nyaris sama
Suatu studi dalam jurnal Nature memberikan indikasi gula mungkin saja sama bahayanya dengan alkohol. Studi itu tunjukkan, mengkonsumsi fruktosa serta glukosa terlalu berlebih memberi dampak toksin pada hati. Dampak ini nyatanya juga nyaris sama juga dengan yang didapatkan oleh alkohol.

7. Gula turunkan kekuatan otak
Gula di ketahui bisa mempercepat sistem penuaan sel, begitupun beberapa sel otak. Jadi dengan konsumsi banyak gula, beberapa sel otak condong bakal alami penurunan manfaat lebih cepat.

8. Gula kerap bersembunyi pada makanan " tanpa ada gula "
Kurangi gula tidak cuma dengan kurangi beberapa makanan manis seperti permen, kue, biskuit, dsb, lantaran sesungguhnya ada pula makanan yang dikira tanpa ada gula namun nyatanya memiliki kandungan banyak gula. Misalnya saus tomat, roti, kraker, dan sebagainya.

9. Minuman manis mungkin saja memperpendek umur
Suatu studi th. 2013 memperkirakan ada 180. 000 kematian di semua dunia yang disebabkan mengkonsumsi minuman manis. Beberapa peneliti menyimpulkan, kematian mungkin saja karena jalinan minuman manis dengan resiko seperti diabetes, penyakit jantung, serta kanker.

10. Gula bikin gemuk
Kenyataan ini paling terang tampak dari mengkonsumsi gula berlebihan. Mengkonsumsi gula berlebihan bakal menyumbang konsumsi kalori yang semestinya didapat dari makanan lain yang memiliki kandungan banyak zat gizi hingga tanpa ada diakui kalori yang diasup melebihi dari batas kalori /hari serta bikin bobot jadi tambah.

Related Posts:

0 Response to "Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Gula "

Post a Comment