Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan



 Delima (Punica granatum L.) adalah tanaman buah yang termasuk juga dalam keluarga Punicaceae. Tanaman ini datang dari timur tengah serta bisa tumbuh pada ketinggian 1000 m dpl. Delima kerap ditanam di pekarangan rumah juga sebagai tanaman hias sekalian untuk dikonsumsi buahnya.

Buah delima mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan intinya diantaranya alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, serta pati yang ada pada kulit buah delima. Untuk yang sukai konsumsi juice buah delima, dalam satu gelas juice memiliki kandungan asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, serta kalium), serta tanin.

Terkecuali buah, nyaris seluruhnya sisi tanaman berguna juga juga sebagai obat. Mulai dari akar, biji, daun, bunga, sampai kulit pohonnya. Serta di bawah ini sebagian misal faedah buah delima juga sebagai obat tradisional untuk menangani beragam penyakit :

Faedah Buah Delima

Daging buah delima dipakai untuk turunkan berat tubuh, menyembuhkan cacingan, sariawan, tenggorokan sakit, nada parau, desakan darah tinggi (hipertensi), kerap kencing serta perut kembung.

Kerap kencing
Ambillah isi buah delima (yang fresh serta masak, satu buah) serta segenggam kucai, lantas potong-potong sekedarnya. Rebus dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa separuhnya, angkat serta dinginkan. Minum air rebusan 2 x satu hari, semasing tiga perempat gelas.

Sariawan
Ambillah dua buah delima fresh yang telah masak. Ambillah isi tersebut bijinya, lantas tumbuk hingga halus. Imbuhkan satu gelas air sembari diaduk rata, lantas saring. Pakai airnya untuk berkumur, lantas telan. Kerjakan 2--3 kali satu hari, hingga pulih.

Batuk telah berjalan lama
Ambillah suatu delima yang belum terlampau masak. Tiap-tiap malam saat sebelum tidur, kunyah biji delima itu. Buang bijinya.

Nada serak, tenggorokan kering
Ambillah suatu delima fresh, iris, serta ambillah berisi. Kunyah, lantas buang bijinya. Kerjakan 2--3 kali satu hari.

Cacingan
Campur juice buah delima dengan juice wortel, semasing 1/2 gelas. Aduk hingga rata, lantas minum sekalian.

Juice buah delima
Pakai juice buah delima untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, gigi berlubang, atau juga sebagai obat kompres pada wasir yang tengah meradang.

Faedah Kulit Buah Delima
Kulit buah (shi flu pi) dipakai untuk menyembuhkan sakit perut lantaran cacing, buang air besar memiliki kandungan darah serta lendir (disentri amuba), diare kritis, perdarahan seperti wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) serta nyeri lambung.

Cacingan
Rebus kulit delima kering serta serbuk biji pinang (semasing 15 g) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan sepanjang satu jam. Sesudah dingin, saring serta minum sekalian saat sebelum makan pagi.

Faedah Akar Delima
Akar serta kulit kayu dipakai untuk menangani cacingan terlebih cacing pita (taeniasis), batuk, diare. Misal penggunaan :

Cacingan
Bersihkan akar delima yang sudah dikeringkan (7 g.), lantas potong-potong sekedarnya. Rebus dengan satu gelas air sepanjang 15 menit. Sesudah dingin, saring serta minum airnya sekalian.

Keputihan
Rebus kulit delima kering (30 g) serta herba sambiloto kering (15 g) dengan satu liter air bersih. Biarlah hingga air rebusannya tersisa separuhnya. Sesudah dingin, saring clan untuk untuk tiga kali minum, pagi, siang, serta malam hari. Air rebusan ini dapat dapat dipakai untuk bersihkan vagina. Spesial wanita yang telah menikah, pakai dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Faedah Bunga Pohon Delima
Bunga dipakai untuk penyembuhan radang gusi, perdarahan, bronkhitis.

Luka
Campur serbuk kulit buah atau bunga delima seperlunya dengan minyak wijen. Aduk rata, lantas berikan di bagian yang luka.

Perdarahan
Rebus bunga delima (20 g) dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan 2 x satu hari, semasing tiga perempat gelas.

Radang gusi
Bersihkan bunga delima (tujuh kuntum) dengan air bersih, lantas rebus dengan satu gelas air bersih hingga mendidih. Sesudah dingin, saring serta pakai untuk kumur-kumur.

Faedah Biji Buah Delima
Biji dipakai untuk turunkan demam, batuk, menangani keracunan serta menyembuhkan cacingan. Langkahnya, Masukkan bubuk biji delima kering (satu sendok makan) dalam satu gelas juice nanas yang belum terlampau masak. Aduk rata, minum pada saat perut kosong.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan "

Post a Comment