Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi



 Kesehatan gigi serta mulut yaitu gerbang awal kesehatan badan. Walau sekian, kerapkali kita meremehkan permasalahan ini. Sampai pada akhirnya penyakit datang berbarengan penyesalan. Kata Alfred D. Wyatt Jr. dalam WebMd. com, ada 10 langkah menjaga kesehatan serta kecantikan gigi Anda.

1. Janganlah takut ke dokter gigi

Sebagian orang terasa ngeri apabila mesti ke dokter gigi. Memikirkan peralatan di ruangan dokter gigi saja merasa menyeramkan. Bila terasa kuatir ada di ruangan dokter gigi, coba untuk membawa pemutar musik dengan daftar lagu yang paling disayangi Anda. Lalu, coba untuk bernapas teratur. Janganlah menahan napas. Dengan demikian, peredaran darah bakal lancar hingga menolong Anda kurangi kemelut. Serta janganlah malu mengungkap masalah kemelut Anda pada dokter. Dengan demikian, ia akan menolong Anda terasa nyaman.

2. Flossing-lah saat sebelum menyikat gigi

Flossing yaitu langkah pembersihan sela gigi dengan memakai benang. Flossing bakal keluarkan bekas makanan yang terjerat di sela gigi hingga menolong penyikatan gigi jadi lebih efisien. Waktu menyikat gigi tiba, yakinkan menyikat dengan pojok 45 derajat pada garis gusi dengan gerakan lembut.

3. Gunakan tusuk gigi

Bila tak mempunyai benang pembersih gigi, Anda bisa memakai tusuk gigi untuk bersihkan sela gigi. Tetapi, manfaatkanlah dengan cara perlahan-lahan. Pemakaian tusuk gigi dengan cara kasar bakal melukai gusi Anda. Serta luka adalah wadah yang pas untuk berkembangnya bakteri.

4. Ubah dengan cara teratur sikat gigi Anda

Agar gigi lebih sehat, ubahlah sikat gigi Anda dengan cara teratur tiap-tiap tiga atau empat bln.. Untuk sikat gigi elektrik, ubahlah sesuai sama tips di buku panduan. Pergantian sikat gigi dengan teratur bakal menolong Anda hindari kuman yang mungkin saja melekat di bulu sikat.

5. Mengkonsumsi keju

Protein yang terdapat dalam keju sangatlah baik untuk menghindar pengikisan e-mail gigi. Ditambah lagi, keju kaya kalsium yang juga bikin gigi lebih kuat. Janganlah lupa juga untuk konsumsi vitamin D yang menolong penyerapan kalsium. Vitamin D dapat diperoleh dalam susu, telur, serta ikan.

6. Hentikan noda dengan baking soda

Bila Anda suka konsumsi kopi, teh, atau makanan lain yang bakal meninggalkan plak di gigi, coba untuk bersihkan gigi dengan baking soda 2 x dalam satu bulan. Pakai baking soda seperti Anda memakai pasta gigi. Bila pemakaian baking soda bikin Anda iritasi, coba pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda.

7. Cermati makanan

Sebagian makanan dituduh bisa meninggalkan noda di gigi. Sebagian makanan lain juga diklaim bisa membuat cerah gigi, umpamanya strobery. Ada spekulasi bahwa strobery mempunyai pemutih gigi alami. Karenanya, pas untuk menolong bersihkan gigi setelah konsumsi kopi atau merokok. Untuk lebih menolong meminimalkan plak, coba mengonsumsi apel, pir, wortel, atau seledri. Makanan ini bakal perbanyak produksi air liur yang baik untuk kebersihan gigi.

8. Atur kandungan keasaman

Kandungan keasaman bakal merubah kesehatan gigi serta mulut Anda. Makanan yang bisa merubah kandungan keasaman salah satunya cokelat, alkohol, soda, kopi, teh, bawang merah, bawang putih, product susu, tomat, jeruk, mint, dan makanan pedas serta berlemak.

9. Jagalah kesehatan lidah

Agar napas terus terbangun, sikatlah juga lidah Anda setiap kali menyikat gigi. Lidah adalah salah satu tempat berkembangnya bakteri yang mengakibatkan napas tidak fresh. Untuk bersihkan lidah, manfaatkanlah scrub atau penggosok lidah sehari-hari.

10. Obat bikin mulut kering

Mulut memerlukan air liur agat terus sehat. Tetapi, sebagian obat-obatan seperti antihistamin bisa mengeringkan air liur. Untuk menolong melindungi kelembaban gigi, tingkatkan konsumsi cairan pada badan atau kunyahlah permen karet setelah makan. Bila itu tak menolong, tanyakan ke dokter tentang pemakaian product air liur buatan.

Related Posts:

0 Response to "Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi"

Post a Comment